Categories
Default

Pengering Cepat, Mutu Gabah Selamat

Populer disebut Mesin Pengering Cepat karena saat beroperasi mampu menguapkan kandungan air yang menempel di permukaan bulir gabah 6%–8% sekali lewat. Misalnya kadar air awal gabah kering panen 30% lewat Agrindo Fluidize Bed dryer, langsung bisa turun di kisaran 22%–24%. Fantastis! daya kerja 8–12 ton/jam, tergantung kadar air awal yang hendak dike ringkan. Kadar air awal yang disarankan untuk di keringkan menggunakan Fluidize Bed dryer harus di atas 25%.

Sistem Kerja

Gabah basah berkadar air di atas 25% mengalir ke permukaan plat berlubang, lalu akibat hawa panas yang diembuskan dari arah bawah bidang penge ring an, gabah akan membentuk gelombang gravitasi dan bergerak menuju ke arah saluran keluaran. Selain itu, gabah secara simultan mengambang dan diuapkan kandungan kadar airnya, gabah hampa (gabuk) juga ditiup ke atas terbuang bersama debu. Kesimpulannya, selain kadar ke keringan gabah menjadi rata, gabah hampanya juga langsung dibersihkan. Oleh sebab itu, gabah yang dikeringkan meng gunakan Agrindo Fluidize Bed dryer tidak saja merata kadar airnya, tetapi juga terbebas dari gabah hampa.

Aplikasi

“Agrindo Fluidize Bed dryer idealnya untuk menanggulangi membludaknya panenan gabah, terutama yang dipanen pada waktu musim hujan. Sebab, begitu bulir gabah terlepas dari tangkainya tidak boleh lebih dari 30 jam harus diangin-anginkan (ventilating), hal ini untuk mencegah supaya tidak meng alami peragian atau fermentasi,” tegas WN Soebardjo, Senior Manager Pemasaran PT Rutan, Surabaya, yang sudah menggeluti bidang pemrosesan gabah menjadi beras sejak 1980.

“Siapapun pengguna Agrindo Fluidize Bed dryer dapat mencegah rasa waswas akibat gabah yang dibeli pada saat musim hujan atau lahan penjemuran yang sempit namun gabahnya melimpah,” jelas Soebardjo yang meng awali profesinya sebagai teknisi. Justru ia sangat berkesempatan untuk membeli panenan gabah sebanyak-ba nyaknya. Artinya, pengusaha penggilingan (rice miller) tidak perlu takut lagi gabahnya tidak bisa dikeringkan, akibat terbatasnya lantai jemur atau kapasitas dryer yang dimilikinya terbatas.